Sabtu, 25 Januari 2014

MARKETING [2]

MARKETING (DAY 2)
v Fungsi Pemasaran :
1.     Fungsi Pertukaran
2.     Fungsi Distribusi Fisik
3.     Fungsi Perantara

v Telling and selling the customer:
1.     Personal Selling
Adalah interaksi langsung dengan calon pembeli atau lebih untuk melakukan suatu presentasi, menjawab langsung dan menerima pesanan.
2.     Advertising
Merupakan semua penyajian non personal, promosi ide-ide, promosi produk, atau jasa yang dilakukan sponsor tertentu yang dibayar.
3.     Publicity
Berbagai program untuk mempromosikan dan atau melindungi citra perusahaan atau produk individualnya.
4.     Sales Promotion
Berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa.

v Istilah-istilah lain dalam promosi
1.     ATL (Above The Line)
Aktivitas marketing promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk brand image yang diinginkan.
2.     BTL (Below The Line)
Aktivitas marketing yang dilakukan di tingkat retal konsumen dengan tujuan merangkul konsumen supaya aware dengan produk kita. Contoh: program bonus hadiah, event.
Dilakukan oleh perwakilan di daerah yang menjadi area pemasarannya. Biasanya untuk mendukung dan memfollow up ATL.

v FRAMEWORK PEMASARAN MODERN
a.     Strategy ( how to win the market):
1.     Segmentasi
2.     Targeting
3.     Positioning

b.     Tactic (how to penetrate the market): Differensiasi
c.      Value (how to create emotional touch):
1.     Brand
2.     Process
3.     Service
Segmentasi: Konsentrasi pemasaran pada satu atau beberapa segmen. Bertujuan memudahkan penyampaian pesan lebih detail pada target.
Positioning: Suatu kegiatan perusahaan untuk mendesain penawaran dan image sehingga memberikan nilai yang berbeda di dalam pikiran konsumen. Ini berdasar kategori manfaat, kategori atribut dan kategori nilai.
Differensiasi: Kegiatan merancang suatu set perbedaan yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dan penawaran pesaing.
Contoh:
1.     Harley –it’s not about destination, but it’s all about journey-
2.     U-mild –low tar, low nicotine-
Reserved: InovasiBagian differensiasi:
1.     Konten (what to offer)
2.     Konteks (how to offer)
3.     Infrastruktur (enabler)
Brand: representasi dan asosiasi suatu produk
Process: Menciptakan sistem yang endingnya memberi nilai yang lebih pada pelanggan. Contoh: JNE (dengan sistem trackingnya), Google (dengan mencaplok 10 perusahaan besar), dll.
Service: Tindakan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun. Tindakan tersebut dapat terjadi pada saat, sebelum dan sesudah terjadinya transaksi.

Bapak pemasaran Indonesia: Hermawan Kartajaya
Hermawan Kartajaya (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 18 November 1947; umur 66 tahun) adalah seorang pakar pemasaran berkewarganegaraan Indonesia. Sejak tahun 2002, ia menjabat sebagai Presiden World Marketing Association dan oleh The Chartered Institute of Marketing yang berkedudukan di Inggris ia dinobatkan sebagai 50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing. Saat ini juga menjabat sebagai Presiden MarkPlus&Co, perusahaan konsultan manajemen yang berbasis di Asia yang dirintisnya sejak tahun 1990. Ia juga aktif menulis buku-buku seputar dunia pemasaran. Kartajaya merupakan orang Indonesia pertama yang memasuki ranah pemasaran internasional dengan model yang ia buat sendiri. Ia adalah seorang yang unik kombinasi dari orang yang memiliki pemikiran akan konsep bisnis yang strategis dalam bidang marketing dan seorang praktisi. Hermawan yang juga founder dan Presiden MarkPlus itu selalu mengatakan bahwa jika ingin membangun brand yang kuat perusahaan tidak boleh hanya mengandalkan iklan. Perusahaan harus melakukan sesuatu yang mengena di benak konsumen, tidak sekedar menjual tetapi mimiliki implikasi jangka panjang.
By: Ahmad Fauzi

NPM: 133010004205

Tidak ada komentar:

Posting Komentar