Selasa, 21 Januari 2014

Keunikan Otak Manusia


1.      Otak merupakan salah satu organ paling vital bagi manusia. Jika manusia di ibaratkan computer maka otak merupakan CPU-nya. Sejak zaman dahulu para ilmuwan sudah banyak yang meneliti tentang otak manusia. Berbagai hasil penelitian yang menakjubkanpun sudah banyak di publikasikan. Salah satu hasil penelitian tentang otak manusia adalah bahwa otak manusia terdiri dari 100 miliar neuron. Banyaknya koneksi yang mampu di lakukan antar neuron adalah penentu seberapa tinggi tingkat kecerdasan seseorang. Hasil penelitian yang lainnya adalah:

1. Semua emosi/perasaan ternyata diproduksi oleh salah satu bagian otak yang bernama Amygdala.
2. Jika otak tidak mendapat aliran oksigen selama 5-10 menit maka otak akan mengalami kerusakan parah.
3. Otak juga memiliki nukleus suprachiasmatic alias jam biologi. Bagian ini memprogram tubuh untuk mengikuti irama waktu 24 jam. Jam biologi juga menyesuaikan suhu tubuh, siklus bangun tidur, juga produksi hormon melatonin. Perdebatan terakhir adalah apakah suplemen melatonin mampu mencegah jet lag?
4. Otak manusia berukuran paling besar dibandingkan dengan otak binatang manapun.
5. Otak manusia berwarna abu-abu jika di awetkan, oleh karena itu otak sering di sebut materi abu-abu.
6. Setiap hari ada sekitar 85.000 neuron yang hilang dari otak kita, terutama neuron –neuron yang jarang kita gunakan.
7. Alkohol dapat melemahkan koneksi antar neuron sehingga mengakibatkan berkurangnya kecerdasan dan daya ingat.
8. Sesuatu yang bersifat emosional akan jauh lebih kuat terekam di memori otak kita.
9. Jaringan otak tertua di dunia yakni sekitar 2.500 tahun ditemukan di sekitar kawasan University of York, Heslington, Inggris. Hal ini tentu sangat mengagumkam, sebab jaringan otak hanya selama beberapa tahun telah membusuk, namun jaringan otak tersebut mampu bertahan lama padahal tempat ditemukan berlumpur.
1.     
Selain hasil penelitian-penelitian di atas, ada beberapa peristiwa yang berkaitan dengan otak yang sering kita alami. Di antaranya sebagai berikut:

1. Deja vu, adalah sebuah perasaan dimana kita yakin suatu kejadian yang sedang kita alami pernah terjadi di masa lalu.

2. Deja vecu, adalah perasaan déjà vu yang sangat kuat, seperti mengingat bau-bau dan suara-suara pada kejadian tersebut.
3. Deja visite, adalah perasaan yang tidak biasa dimana kita merasa mengenal suatu tempat padahal sebelumnya kita tidak pernah mengunjugi tempat tersebut.
4. Deja senti, adalah fenomena pernah merasakan sesuatu padahal sebenarnya tidak pernah.
5. Jamais vu, adalah perasaan dimana kamu tidak mengenal sebuah situasi padahal kamu yakin jsekali bahwa sebelumnya kamu ada di situasi itu. Jamais vu sering di sebabkan oleh kelelahan otak
6. Presque vu, adalah perasaan yang kuat kalau kamu akan mengalami epiphany. Epiphany sangat jarang terjadi. Presque Vu artinya “hampir melihat” dan sensasinya bisa sangat membingungkan dan aneh.
7. L’esprit de l’Escalier, adalah rasa penyesalan tidak melakukan tindakan yang berlawanan dari suatu peristiwa sebelumnya.

Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa otak laki-laki dan perempuan berbeda, contoh-contoh perbedaannya antara lain adalah:

Laki-laki:
1.      Berkonsentrasi pada satu hal.
2.      Pandai dalam matematika dan logika
3.      Pelupa
4.      Mudah marah
5.      Lebih tahan rasa sakit dan stress
6.      Pantang menangis
7.      Kurang Empati
8.      Otak cenderung berkembang dan memiliki spasial yang lebih kompleks seperti kemampuan perancangan mekanis, pengukuran penentuan arah abstraksi dan manipulasi benda- benda fisik
9.      Kemampuan berpikirnya berkembang dan pemahaman terhadap jalan dan arah sangat tajam, mencari jalan dengan mengikuti pemahaman akan arah
Perempuan:
1. Dapat berkonsentrasi pada beberapa hal
2. Pandai dalam imajinasi
3. Pandai memahami arti dan motif di belakang tindakan dan intuisinya tajam.
4. Sabar
5. Kurang tahan rasa sakit dan stress
6. Lebih mudah menangis
7. Lebih empati
8. Sangat mendetail dalam mengingat sesuatu.
9. Mencari jalan dengan mengingat papan nama.



Itu semua merupakan sedikit keunikan dari otak manusia, karena kita sudah mengetahui tentang berbagai hal mengenai otak maka sebaiknya kita selalu menjaga dan mengembangkan otak kita sebaik-baiknya.

Eko Agus Purwanto
133010004121

Tidak ada komentar:

Posting Komentar