Jumat, 01 November 2013

10 Tips dan Cara Mengonsumsi Makanan

Semua orang pasti ingin menjalani kehidupan sehat jasmani dan rohani. Salah satu untuk cara mendapatkan kan kehidupan sehat tersebut ada dengan memilih makanan-makanan sehat. Berikut 10 tips dan cara mengkonsumsi makanan :

1.     Memilih Sayur dan Buah
Dua jenis makanan ini mengandung filosterol yang bisa menurunkan kolestrol, mengandung antioksidan dan folat, seperti brokoli, kacang polong dan pisang. Selain itu, kacang kedelai dan kacang panjang untuk menurunkan homosistein dan isoflavon. Konsumsi sebanyak sembilan porsi per hari dengan jenis dan warna berbeda untuk mendapatkan beragam nutrisi.

2.    Makan secara teratur
Melewatkan jam makan hanya akan membuat kontrol rasa lapar hilang, bahkan hasilnya malah jadi rasa lapar yang berlebihan. Saat Anda merasa lapar, itu juga berarti Anda melupakan soal nutrisi dalam makanan Anda. Makan secara tidak teratur juga mendatang penyakit, seperti maag.

3.    Kurangi Lemak Jenuh dan Gula
Kita semua butuh lemak dalam makanan yang kita makan. Tapi kita juga harus memperhatikan jumlah dan jenis lemak yang kita makan. Ada dua jenis lemak, lemak jenuh dan tak jenuh. Terlalu banyak konsumsi lemak jenuh tidak bagus untuk kesehatan tubuh karena dapat meningkatkan jumlah kolestrol dalam darat yang mengakibatkan risiko penyakit jantung. Lemak jenuh seperti, keju keras, kue, biskuit, sosis, krim,mentega, lemajk babi, dan pai. Cobalah untuk konsumsi lemak tak jenuh, seperti minyak sayur, ikan berminyak dan alpukat.

4.    Jadikan sarapan sebagai prioritas
Ya, memang mudah untuk mengabaikan sarapan, dan kita bahkan merasa berbuat benar jika bisa melakukannya karena terlihat sebagai cara yang baik untuk menghemat kalori. Tetapi dalam jangka panjang efeknya justru merugikan. Studi memperlihatkan bahwa sarapan pagi itu tidak hanya akan membuat metabolisme anda bekerja tetapi juga membuat anda terjaga dan puas setelah makan siang. Bonus: Orang yang sarapan sehat bisa membuat sebuah pola makan yang sehat. Tukar makanan olahan seperti donat, kue kering, bagel putih, sereal, dan wafel dengan buah segar, sereal yang ditambahkan kacang atau biji-bijian, roti selai kacang, atau makanan berkuah.

          5.    Banyak mengkonsumsi Ikan
Ikan merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak vitamin dan mineral. Bertujuan untuk setidaknya dua porsi dalam seminggu, termasuk setidaknya satu porsi ikan berminyak. Ikan berminyak omega-3 lemak, dapat mencegah penyakit jantung. Ikan berminyak seperti salmon, makarel, trout, ikan herring, tuna segar, sarden dan pilchard. Non berminyak seperti, haddock, plaice, coley, ikan cod, tuna kalengan, skate dan hake.

6.    Cukup Minum
Tetap menjaga hidrasi (kandungan air di dalam tubuh) adalah cara yang sangat mudah dan efektif untuk mempertahankan energi anda supaya tetap tinggi. Tubuh memerlukan banyak air agar tetap berfungsi optimal. Anda bisa mengabaikan kandungan vitamin dan energi di dalam minuman -- kecuali anda adalah seorang atlit -- karena hanya membuang-buang kalori dan uang anda. Jadi buat air anda tetap segar dan siap tersedia kapanpun, dan minumlah sedikitnya satu gelas setiap dua jam. Bawa sebotol air minum isi ulang kemanapun anda pergi karena itulah yang bisa membuat anda bisa tetap bergerak

7.    Mengkonsumsi makanan bertepung
Makanan bertepung meliputi kentang, sereal, pasta, nasi dan roti. Sebaiknya pilih varietas gandum, yang banyak serat dan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Makanan bertepung harus membuat sekitar sepertiga dari makanan yang Anda makan. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat tepung setiap kali makan utama. Beberapa orang berpikir makanan bertepung bisa menggemukkan badan, padahal tidak sama sekali. Justru makanan bertepung mengandung setengah kalori dari lemak. Jadi tidak menambah berat badan Anda.

          8.     Kurangi minum alcohol
Meskipun alkohol bisa menurunkan energi tetapi ironisnya, alkohol bisa menjadi sebuah perangsang setelah beberapa jam anda meminumnya, yang mana bisa mengganggu siklus tidur dan menyebabkan keletihan di keesokan harinya. Jika anda minum supaya bisa tidur atau sebagai kesenangan di akhir pekan, maka anda bisa mengurangi konsumsi untuk memperbaiki energi anda.
Jika sesekali waktu anda ingin menyenangkan diri, lebih baik anda memilih anggur merah yang mengandung antioksidan. Catatan: Untuk mereka yang mengalami kegelisahan, tekanan darah tinggi dan ketergantungan maka anda seharusnya menghindari total untuk mengkonsumsi alkohol. Tanyakan dokter anda.

       9.     Makan sedikit garam
Jangan menambahkan garam dalam makanan terlalu banyak, karena konsumsi banyak garam tidak baik untuk kesehatan tubuh, yakni dapat meningkatkan tekanan darah. Sekitar ¾ garam yang kita makan sudah ada dalam makanan yang kita beli, seperti sup, roti, saus, sereal sarapan pagi. Sebaiknya gunakan label untuk mempermudah Anda untuk mengurangi pemakaian.

10.     Singkirkan program diet anda
Jika diet anda berarti "perampasan," maka anda melakukan perbuatan yang merugikan tubuh anda sendiri. Menghemat kalori sudah pasti mengurangi metabolisme tubuh yang mana seharusnya bisa terus mempertahankan energi selama mungkin. Itulah sebabnya mengapa para pelaku diet merasa lesu. Diet itu buruk karena metabolisme melamban, kalori yang dibakar tubuh anda juga berkurang, sehingga penurunan berat badan menjadi sulit dicapai. Jadi, tinggikan tingkat energi anda dan putar terus metabolisme anda, pastikan anda memenuhi kebutuhan kalori harian anda. Penurunan berat badan yang lambat -- diperoleh dengan kalori dan aktivitas fisik yang cukup -- adalah cara paling efektif untuk menjaga berat badan yang sehat. (Tanyakan kepada ahli gizi profesional mengenai berapa banyak kalori yang anda butuhkan setiap harinya.)

Ingat, Makanan Bukan Sebuah Kebiasaan Buruk. Pilih makanan yang didasarkan pada pola makan total Anda, bukan berdasarkan ‘baik’ atau ‘buruk.’ Jangan merasa bersalah jika Anda menyukai makanan seperti pie, kripik kentang, cokelat atau es krim. Makan secara layak, dan pilih makanan lain yang dapat menyeimbangkan gizi Anda dan beragam yang lain, yang baik untuk kesehatan Anda.

Eri Efraim Purba
NPM. 133010004331 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar