Kamis, 24 Oktober 2013

Manajemen dan Manajer

MANAJEMEN DAN MANAJER

A. DEFINISI
            1. MANAGEMENT AS A FUNCTION
                        Rangkaian kegiatan yang masing – masing kegiatan dapat dilaksanakan tanpa menunggu selesainya kegiatan lain , walaupun kegiatan tersebut saling berkaitan dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
            2. MANAGEMENT AS A PROCESS
                        Serangkaian tahap kegiatan yang diarahkan pada pencapaian suatu tujuan dengan pemanfaatan semaksimal mungkin sumber daya yang ada.
            3. MANAGEMENT AS A PROFESSION
                        Suatu bidang kegiatan atau bidang keahlian tertentu.
MANAJEMEN SEBAGAI ILMU DAN SENI
·         Sains :  -     pendekatan melalui tahapan sistematis
-          Memerlukan keahlian teknis
Contoh ny : fish bone theory
·         Seni :   -       Instuisi dan perasaan berdasarkan pengalaman
-          Keahlian konseptual , kretifita dan komunikasi interpersonal.
Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno yaitu ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Karenanya, manajemen dapat diartikan sebagai ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien. Manajemen dipandang dari berbagai perpektif yang ada, mempunyai dasar yang kuat yang tidak terlepas dari perpaduan antara ilmu dan seni. Manajemen sebagai suatu seni, disini memandang bahwa di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kerja sama dengan orang lain. Intinya bagaimana cara memerintahkan pada orang lain agar mau bekerja sama. Pada hakekatnya kegiatan manusia pada umumnya adalah managing ( mengatur ) untuk mengatur disini diperlukan suatu seni, bagaimana orang lain memerlukan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama. Seni dalam manajemen yaitu membentuk manusia menjadi lebih efektif dari yang sudah dan sedang mereka lakukan tanpa anda. Ilmu adalah pada bagaimana anda melakukannya, yaitu : planning, organizing, directing dan monitoring. Sehingga manajemen sebagai ilmu adalah melihat bagaimana manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip manajemen,dan telah di organisasi menjadi teori. Dimana seorang manajer mempelajari terlebih dahulu tujuannya lalu diproses olehnya dengan keahliannya,setelah menjadi sebuah teori,lalu di buat penetapan tenaga kerja pengarah dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
PENDAPAT PARA AHLI
1. Manajemen (James A.F Stone)
            Sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengevaluasi kerja anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan organisasi .
2. Manajemen (Peter E Drucker)
            Management is tasks, managament is dicipline, management is people
3. Manajemen ( Mary Parker Follet )
            Seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
Melalui orang lain dimaksudkan untuk efisien mencapai tujuan.
4. Manajemen ( Alif dkk )
            Ilmu dan seni dimana kita harus dapat membuat perencanaan , pengorganisasian, kepemimpinan, pengawasan dengan cara sistematis dan intuisi sesuai situasi yang ada untuk mencapai tujuan.

B. KEGIATAN FUNGSI MANAJEMEN
1. PLANNING               : tetapkan tujuan, strategi, bangun rencana untuk mengkoordinasikan   
                                      aktifitas.
2. ORGANIZING           : penentuan bagaimana penyusunan organisasi dan aktifitas dapat     dilakukan.
3. LEADING                  : proses memotivasi anggota organisasi agar planning dapat dijalankan.
4. CONTROLLING        : monitoring dan perbaikan aktifitas yang sedang berjalan agar tujuan tercapai.

MENEJER
1. PENGERTIAN
            Orang yang bertanggungjawab mengarahkan segala upaya yang ditujukan untuk meraih tujuan organisasi .
2. TINGKATAN DAN TUGAS
Ø  MENEJER PUNCAK
-          Menciptakan tujuan organisasi
-          Menciptakan strategi keseluruhan
-          Kebijakan operasional
-          Menguasai peran dan kemampuan manajemen
-          Memahami faktor eksternal
-          Membuat keputusan jangka panjang
-          Keputusan dibuat berdasarkan proses analisis, pengarahan, konseptual/prilaku dan/partisipatif
-          Bertanggungjawab membuat keputusan strategik
-          Meninjau rencana dan memastikan rencana sesuai dengan keadaan di masa depan.
Ø  MENEJER MENENGAH
-          Mengimpleentasikan strategi kebijakan
-          Menkoordinasikan menejer – menejer dibawahnya.
-          Bertanggungjawab melaksanakan tugas yang dibuat oleh top management
Ø  MENEJER LINI PERTAMA
-          Penghubung menejer menengah dengan bawahan
-          Memastikan keputusan dan rencana yang dibuat dua level manajer di atasnya berjalan
-         
Membuat keputusan jangka pendek




Manager’s Role (Mintzberg)
  • Interpersonal Roles
ú  Figurehead      : kepala figure, untuk serimonial
ú  Leader             : pemimpin
ú  Liaison             : penghubung
  • Informational Roles
ú  Monitor           : mencari data selengkapnya, dam mencek
ú  Disseminator   : menyebar informasi
ú  Spokesperson  : juru bicara
§  Decisional Roles
ú  Inisiator           : penentu strategi perusahaan
ú  Disturbance handler : penengah keributan
ú  Resource allocator    : yang menentukan kerja dimana dan pindah kemana
ú  Negotiator       : yang turun langsung


PENDEKATAN KEAHLIAN
1. KEAHLIAN KONSEPTUAL
            Kemampuan mental untuk mengintrogasikan seluruh kepentingan elemen kegiatan organisasi. Think big , Think strategic .
2. KEAHLIAN TEKNIS
            Kemampuan untuk menggunakan peralatan , prosedur atau teknis bidang – bidang tertentu
3. KEAHLIAN INTERPERSONAL
            Kemampuan untuk bekerja dengan memahami, memotivasi , berkomunikasi dengan individu maupun kelompok . Simple but is not easy
4. KEAHLIAN ADMINISTRATIF
            Kemampuan mengikuti kebijakan , prosedur , dan mengelola secara efektif dan efisien.



SAMRATUL ‘AINI NABILA ( 33 )
NPM : 133010004275


Tidak ada komentar:

Posting Komentar