Sabtu, 23 November 2013

Teknologi Memainkan Peran Penting

      Di zaman secanggih ini, kebutuhan manusia sangat bergantung pada teknologi. Perkembangan teknologi di Indonesia bisa dibilang berkembang dengan sewajarnya tidak terlalu cepat dan lambat, ambil contoh handphone, yang dulu merupakan kebutuhan golongan kelas atas 10 tahun yang lalu. Hanya pegawai,karyawan,direktur,dan pejabat lainnya saja yang menggunakan handphone untuk berkomunikasi, namun sekarang anak SD sudah menenteng handphone serta sudah mahir mengoperasikan barang elektronik lainnya seperti komputer,laptop,smartphone,dll.
     Hasil riset membuktikan bahwa kemajuan teknologi suatu negara mempengaruhi tingkat kemakmuran serta kemajuan negara tersebut. Singapura, negara tetangga Indonesia merupakan negara kecil di kawasan Asia Tenggara namun karena kemajuan teknologi di negara tersebut membuat Singapura menjadi negara makmur dengan pendapatan perkapita tahun yang tinggi di Asia. Jepang juga sangat maju dalam hal teknologi nya, padahal Jepang hanyalah negara puing-puing sehabis diluluh lantahkan oleh Amerika Serikat pada tahun 1945 silam, namun dengan semangat serta daya juang mereka yang tinggi, mereka menjadi negara dengan perkembangan teknologi yang luar biasa di dunia, selain Amerika Serikat dan Jerman.
     Berbicara tentang teknologi tidak afdol rasanya jika tidak membahas tentang Teknologi Informasi atau IT yang sekarang menjadi kebutuhan dasar semua orang untuk mencari informasi apapun di dunia maya dengan cara yang mudah. Internet atau dunia maya menyediakan berbagai informasi yang kita butuhkan, informasi penting maupun pengetahuan dapat kita dapatkan dengan harapan informasi yang kita peroleh tersebut dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan skill atau keterampilan, apabila keterampilan sudah didapatkan maka akan meningkatkan produktifitas sumber daya manusia di Indonesia sehingga bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk bisa bersaing di era globalisasi, dan kemiskinan serta pengangguran dapat diatasi.

Manfaat Teknologi Informasi
   1.      Akses tanpa batas ruang dan waktu
Teknologi informasi memungkinkan kita untuk berkomunikasi tanpa batas ruang dan waktu, tidak penting seberapa jauh kita berada dan dimana relasi kita berada, dengan bermodal koneksi internet kita bisa berkomunikasi dengan rekan kita dengan cara yang simple dan cepat. Banyak sekali perangkat lunak yang tersedia untuk berkomunikasi tatap muka seperti Yahoo Messenger,Skype,dll. Dengan teknologi ini kita bisa tetap kontak walaupun perbedaan jarak yang jauh.

   2.      Kaya akan wawasan
Informasi yang tersedia di dunia maya sangat banyak dan beragam tentunya. Fitur-fitur yang ditawarkan juga memudahkan kita untuk memperoleh informasi dengan cepat, kita bisa belajar banyak hal dan menyerap informasi sebanyak-banyaknya yang disediakan oleh orang lain, dengan demikian pengetahuan serta wawasan kita akan lebih terbuka tanpa harus membeli banyak buku.

   3.      Bisnis jual beli online

Bisnis jual beli online yang mulai berkembang di pasar Indonesia tampaknya akan terus berlanjut hingga jangka waktu yang tidak bisa ditentukan. Pasalnya, 3 tahun belakangan ini berbagai situs dalam negeri maupun luar negeri memfasilitasi penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi, hal ini tentu saja dimanfaatkan oleh para pedagang untuk mempromosikan dagangan nya serta para pedagang yang baru mulai berwirausaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan di dunia maya yang notabene cukup banyak pengguna internet di Indonesia. Facebook merupakan salah satu tempat transaksi jual beli yang cukup sering digunakan pedagang untuk mempromosikan barang-barang nya karena fitur yang dimiliki facebook memudahkan pembeli untuk melihat dagangannya, selain itu berbagai forum serta situs jual beli online lainnya juga menjadi wadah para pedagang untuk berjualan, sebut saja Kaskus,Berniaga,TokoBagus,dll.

Agee Fonzi Miradz
NPM. 133010004240

Tidak ada komentar:

Posting Komentar