Minggu, 24 November 2013

Bawah Laut Indonesia yang Memesona

    Tahukah kamu bahwa Taman Laut Bunaken tidak hanya satu-satunya taman laut yang memiliki pemandangan eksotis di Indonesia? Jika tidak, maka kamu harus bangga terhadap Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak taman laut yang indah bak surga. Saking indahnya, turis turis mancanegara pun banyak yang datang untuk melihat beberapa tempat di Indonesia ini. Berikut ini beberapa taman laut yang terkenal di Indonesia:

1.       Pulau Banda, Maluku
Pulau banda yang terletak terpencil dan sedikit populasi manusia membuat ekosistem terumbu karang begitu sehat dan hidup. Sekumpulan ikan dan makhluk-makhluk laut lain yang luar biasa hidup disini. Bahkan pulau Banda juga menjadi tempat habitat ikan Mandarin. Arus air yang tenang dan ringan membuat penyelam pemula  juga bisa menikmati dunia bawah Banda yang menakjubkan.



2.       Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur
Sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia terbaru, pulau Komodo tidak hanya mempersembahakan Komodo saja, tetapi jug ataman lautnya yang indah. Ratusan karang aneka warna, ikan-ikan karang, gurita cincin biru, dan lain sebagainya juga bisa ditemukan disini.


3.       Pulau Maratua, Kalimanta Timur
Maratua adalah sebuah pulau besar dengan laguna yang super luas. Hal yang terkenal di sini adalah dinding penyelaman yang spektakuler. Maratua juga menjadi ibukota penyu di Indonesia karena disini penyelam bisa merasakan menyelam bersama penyu penyu. Berbagai ukuran terumbu dan batuan karang juga bisa kamu temukan di Maratua serta pulau-pulau di sekitarnya yang tidak bisa ditemukan di lokasi menyelam populer lainnya di dunia. Disebutkan bahwa arus air di Maratua ramah dan sangat jernih. Saking jernihnya penyelam masih bisa melihat sedalam 30 meter dari permukaan.


4.       Raja Ampat, Papua Barat
Raja Ampat terletak di ujung barang laut Semenanjung Kepala Burung di pulau Papua. Berbanggalah Indonesia, karena Raja Ampat menjadi salah satu lokasi penyelaman terbaik di dunia. Sejauh ini Raja Ampat memiliki kekayaan hayati bawah air tertinggi yang pernah dicatat di dunia ini. Saat ini saja telah teridentifikasi 537 spesies terumbu karang (75 % dari total spesies terumbu karang di dunia), lebih dari seribu spesies ikan karang dan 700 jenis moluska. Raja Ampat terdiri dari 1.500 pulau-pulau kecil dengan empat pulau utama yakni Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo. Bagi penyelam pemula, Raja Ampat bukanlah tempat yang tepat karena memiliki arus bawah air yang kuat. Kerennya di beberapa kawasan di Raja Ampat ada tempat penangkaran ikan, budidaya hiu, pari ataupun penyu. Raja Ampat memiliki pemandangan indah luar biasa baik dilihat dari udara ataupun di bawah air. 


5.       Bunaken, Sulawesi Utara
Taman Laut Bunaken menjadi salah satu titik penyelaman internasional yang membuat banyak sekali ahli biologi laut, fotografer, dan penyelam di seluruh dunia jatuh cinta. Bahkan dalam Sail Bunaken 2009, dilaporkan ribuan penyelam mendatangi Bunaken untuk memecahkan rekor menyelam massal terbanyak sebesar 3.000 orang. Ada lima pulau utama di Taman Laut ini yakni Bunaken, Manado Tua, Montehagen, Nain dan Siladen. Setiap pulau di sana memiliki ekosistem yang berbeda-beda. Taman Laut Bunaken layak disebut sebagai taman laut terindah di dunia lantaran keanekaragaman biota laut mulai terumbu karang, ikan duyung, lumba, ikan purba choelacanth dan berbagai jenis ikan hias lainnya. Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter.


Sebenarnya banyak sekali wisata taman laut Indonesia yang berpemandangan menakjubkan. Tapi hanya beberapa saja yang saya sebutkan diatas karena menurut saya itu adalah yang terbaik.

(AIN SALSABILLA/1-C KBN/ 4)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar