Sabtu, 01 Februari 2014

Konsep Perilaku Birokrasi & Budaya Organisasi

Konsep Perilaku Birokrasi & Budaya Organisasi

Adalah mempelajari perilaku suatu birokrasi atau organisasi yang ditunjukkan oleh perilaku individu di dalamnya. Birokrasi itu sendiri berupa sistem atau alat organisasi agar organisasi berjalan sesuai dengan tujuan. Suatu birokrasi atau organisasi terdiri atas individu yang saling bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Budaya organisasi dapat berupa asumsi nilai dasar dari nilai organisasi baik sikap maupun perilaku yang saling mempengaruhi antar individu secara positif maupun negatif.

Point dari birokrasi adalah:
  • -          Adanya struktur
  • -          Adanya tugas kerja
  • -          Adanya wewenang, serta
  • -          Adanya pembagian gaji

Contoh dari hal ini adalah rumah tangga keluarga, dimana terdapat struktur yang jelas mulai dari ayah, ibu, serta anak. Lalu pembagian tugas kerja pun jelas, seperti ayah mencari nafkah, ibu mengasuh anak, serta anak belajar di sekolah. Begitu juga dengan wewenang, seorang ayah memegang peranan penting bagi suatu keluarga untuk tetap konsisten menjaga kebahagiaan keluarga.

Fungsi dari budaya organisasi adalah:
  • -          Sebagai identitas pembeda
  • -          Menyampaikan identitas suatu organisasi
  • -          Stabilitas sosial, yaitu adanya feedback dari ikatan sosial
  • -          Memupuk rasa pengendalian sikap & perilaku apa yang boleh dan apa yang tidak boleh


Budaya suatu individu dengan individu lainnya tentu sangat berbeda satu sama lain, begitu juga antara individu dengan organisasi. Jadi ketika individu masuk kedalam lingkup organisasi dan terdapat perbedaan budaya, secara tidak langsung individu tersebut mengalami akulturasi dengan budaya organisasinya karena individu tersebut sudah menerima kelebihan maupun kekurangan organisasinya

M. Aldi Jayadilaga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar