Konsep Perilaku Birokrasi & Budaya
Organisasi
Adalah mempelajari
perilaku suatu birokrasi atau organisasi yang ditunjukkan oleh perilaku
individu di dalamnya. Birokrasi itu sendiri berupa sistem atau alat organisasi
agar organisasi berjalan sesuai dengan tujuan. Suatu birokrasi atau organisasi
terdiri atas individu yang saling bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah
ditentukan. Budaya organisasi dapat berupa asumsi nilai dasar dari nilai
organisasi baik sikap maupun perilaku yang saling mempengaruhi antar individu
secara positif maupun negatif.
Point dari
birokrasi adalah:
- - Adanya struktur
- - Adanya tugas kerja
- - Adanya wewenang, serta
- - Adanya pembagian gaji
Contoh dari hal ini
adalah rumah tangga keluarga, dimana terdapat struktur yang jelas mulai dari
ayah, ibu, serta anak. Lalu pembagian tugas kerja pun jelas, seperti ayah
mencari nafkah, ibu mengasuh anak, serta anak belajar di sekolah. Begitu juga
dengan wewenang, seorang ayah memegang peranan penting bagi suatu keluarga
untuk tetap konsisten menjaga kebahagiaan keluarga.
Fungsi dari budaya
organisasi adalah:
- - Sebagai identitas pembeda
- - Menyampaikan identitas suatu organisasi
- - Stabilitas sosial, yaitu adanya feedback dari ikatan sosial
- - Memupuk rasa pengendalian sikap & perilaku apa yang boleh dan apa yang tidak boleh
Budaya suatu
individu dengan individu lainnya tentu sangat berbeda satu sama lain, begitu
juga antara individu dengan organisasi. Jadi ketika individu masuk kedalam
lingkup organisasi dan terdapat perbedaan budaya, secara tidak langsung
individu tersebut mengalami akulturasi dengan budaya organisasinya karena individu
tersebut sudah menerima kelebihan maupun kekurangan organisasinya
M. Aldi Jayadilaga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar