Kamis, 24 Oktober 2013

Manajemen dan Manajer

A.     Definisi management :
·         Management sebagai fungsi
Suatu rangkaian kegiatan yang masing-masing kegiatannya dapat dilaksanakan tanpa menunggu selesainya kegiatan lain walaupun kegiatan tersebut saling berkaitan dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi.
·         Management sebagai proses
Serangkain tahap kegiatan yang diarahkan pada pencapain tujuan dengan memaksimalkan sumber-sumber yang tersedia
·         Management sebagai profesi
Kegiatan untuk menunjukan jabatan seseorang didalam organisasi

Definisi management menurut para ahli :
·         Henry Fayol : management merupakan fungsi – fungsi untuk merencanakan,mengorganisasikan.
·         James stoner : proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap anggota
·         Mary Parker Follet : Seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain 

Management sebagai ilmu dan seni :
·         Ilmu (sains) :    -pendekatan melalui tahapan sistematis
 -memerlukan keahlian teknis, contoh : diagnostic dan pengambilan     keputusan
·         Seni : - intuisi dan perasaan berdasarkan pengalaman
-          Keahlian konseptual, kreativitas, dan komunikasi interpersonal
Kesimpulan management
·         Alif : gabungan antara ilmu dan seni dimana kita harus dapat membuat perencanaan, pengorganisasian dengan menggunakan cara sistematis dan intuisi sesuai situasi yang ada serta sumber daya yang ada.
          Pak fariz :                
                                       

Planning : penentuan tujuan dan bagaimana cara pencapaian yang terbaik
Organizing : penentuan apa yang dibutuhkan agar pekerjaan selesai, bagaimana bisa berjalan, siapa yang mengerjakan, dan bagaimana penyusunan organisasi.
Actuating/leading : proses memotivasi anggota organisasi agar planning dapat dijalankan = manajer
Controlling : memonitori dan memperbaiki aktivitas yang sedang dilakukan untuk memastikan anggota menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan rencana

B.      Definisi Manajer
Subjek yang mengkoordinir, memastikan pekerjaan orang lain agar mencapai tujuan yang diinginkan
Level-level management  
1.    -   Manajer Puncak
Contoh : Presiden. Wakil presiden, menteri keuangan, wakil menteri keuangan, CEO
Tugas :      a. menentukan tujuan organisasi
                 b. menentukan atau menciptakan strategi
                 c. kebijakan operasional perusahaan
                                         
2.    -  Manajer Menengah
            Manajer menengah di organisasi memiliki jumlah paling banyak
Contoh : Esselon I = DJA,DJBC,DJK,BPK,DJPB,Kekayaan Negara, Badan Kebijakan Fiskal
               Esselon II = Kanwil, Kepala Pusdikat, Direktur Stan
Esselon III = Kabid,Kabag, kepala Kantor
Tugas : Mengawasi manajer lainnya
Bertanggung jawab terhadap atasan
Mengimplementasikan Kebijakan Perusahaan
Mengkoordinasikan manajer dibawahnya
3.     -  Manajer lini pertama
Contoh : Esselon IV =Kasi, Kasubag,Kasubid, Karyawan
Tugas : mengawasi tenaga operasional  (pelaksana atau karyawan)
            Penghubung manajer menengah dan pelaksana
Bidang dalam organisasi/manajemen
1.      Pemasaran
2.      SDM
3.      Keuangan
4.      Operasi
Peran manajerial menurut henry minztberg :
1.      Peran Interpersonal
-          Panutan, teladan, mewakili kegiatan ceremonial
-          Pemimpin, memotiasi, merekrut
-          Liaison= penghubung,perantara
2.      Peran informasi
-          Memonitor,memastikan data-data yang ada
-          Penyebar informasi (disseminator), bagian pemasaran
-          Spokesperson (juru bicara), sebagai humas yang memiliki data-data akurat
3.      Decisional roles
-          Penentu kebijakan (inisiator)
-          Penengah keributan (disturbance handler )
-          Resource allocator : bagian kepegawaian yang merekrut , mutasi, melatih
-          Negosiator
Skils Approach (pendekatan keahlian )
·      Keahlian konseptual
Kemampuan mental untuk mengintegrasikan seluruh kepentingan, elemen, dan kegiatan organisasi à THINK BIG, THINK STRATEGIC
·         Keahlian teknis
Kemampuan untuk menggunakan peralatan, prosedur atau teknis bidang-bidang tertentu
·         Keahlian interpersonal/human skills
Kemampuan untuk bekerja dengan memahami, memotivasi, berkomunikasi dengan individu maupun kelompok  à SIMPLE BUT IS NOT EASY
·         Keahlian administrative
Kemampuan untuk mengikuti kebijaksanaan, prosedur, dan mengelola secara efektif dan efisien.

Skills Needed at Different Management Levels

             
Shinta Putri Amalia (34)
NPM. 133010004324



Tidak ada komentar:

Posting Komentar